Beranda » Wisata Budaya » Istano Basa Pagaruyung Tanah Datar

Istano Basa Pagaruyung Tanah Datar


Jumat, 21 Juni 2013 - 09:15:03 WIB | Wisata Budaya | 524 pembaca



Istano Basa Pagaruyung, yang letaknya berada di Jl. Sutan Alam Bagargasyah, Nagari Pagaruyung, Tanah Datar, Sumatera Barat. Istano Basa Pagaruyung merupakan bangunan baru, setelah bangunan sebelumnya ludas terbakar akibat tersambar petir pada 27 Februari 2007.

Kedua pilar gerbang dihias ornamen bunga dengan warna keemasan juga, dan di puncaknya terdapat miniatur rumah gadang yang cantik. Istano Basa Pagaruyung yang bangunannya berada di sebuah tanah datar sangat luas tampak berada di kejauhan, dicapai dengan melewati beberapa buah undakan. Istano Basa Pagaruyung berdiri di area datar yang luas di ketinggian, memunggungi Gunung Bungsu.

Istano Basa Pagaruyung ini merupakan duplikat Istana Rajo Alam yang dibakar oleh Belanda pada pergolakan yang terjadi pada tahun 1804. Bangunan Istano Basa Pagaruyung terdiri dari 11 gonjong, 72 tonggak dan 3 lantai, surau, tabuah, dan rangkiang patah 9, dengan ukiran yang bentuk dan warnanya melambangkan falsafah sejarah dan budaya Minangkabau. (http://thearoengbinangproject.com)







Belum ada Komentar

Isi Komentar








Site Sponsors

Twitter Updates

Popular Articles

Facebook Like

Instagram

Instagram

Site Sponsors