Beranda » Wisata Alam » Ngalau Indah Payakumbuh

Ngalau Indah Payakumbuh


Jumat, 21 Juni 2013 - 09:06:34 WIB | Wisata Alam | 1089 pembaca



Ngalau Indah merupakan kawasan gua yang berada di lereng Bukit Simarajo, Kota Payakumbuh, dengan kontur sangat unik, berundak dan berbatuan indah. Area Ngalau Indah ini berada pada ketinggian bukit, sekitar 750 m dari tepian Jalan Raya Bukittinggi – Payakumbuh, dengan pemandangan lepas ke arah perkotaan di beberapa titik.

Sebuah batu besar di dekat mulut gua Ngalau Indah. Area di dekat mulut gua ini sangat luas dengan penerangan yang baik. Di sini terdapat undakan, menurun ke arah dasar gua Ngalau Indah.

Ruangan luas yang berada tidak jauh dari mulut gua Ngalau Indah dimana terdapat batu gajah yang pertama, dan beberapa batuan besar lainnya yang bentuknya menyerupai sebuah altar.

Salah satu undakan gua Ngalau Indah dengan langit-langit tinggi dibalut batuan kapur berwarna putih kekuningan dan abu-abu. Penerangan di dalam gua Ngalau Indah ini cukup baik, demikian juga dengan sirkulasi udaranya. Di terangi lampu senter, terdapat dinding batuan kapur mengandung kuarsa yang berkeredep biru keunguan ketika terkena bias sinar.

Stalagtit Ngalau Indah yang menyerupai nganga mulut raksasa dengan deretan gigi runcing yang sebagian telah rompal. Batuan stalagtit dan stalagmit di dalam gua Ngalau Indah ini diberi nama oleh penduduk setempat, diantaranya disebut sebagai Batu Tetesan Air Mata, Batu Tangkai Payung, Batu Kelambu, Batu Tirai Pengantin, dan Batu Ibu Menangis.

Dinding-dinding tinggi Ngalau Indah yang terbentuk dari lelehan batu kapur yang berlangsung selama ratusan tahun ini menciptakan bentuk-bentuk yang artistik.

Pemandangan dari Bukit Simarajo ke arah jalan Bukittinggi – Payakumbuh, dengan hamparan sawah subur dan pemandangan bukit hijau yang mulai dikelupas, yang lambat laun bakal merampas keindahan alam yang tercipta selama ratusan tahun. Ke arah sebelah kanan akan terlihat pemandangan ke arah Kota Payakumbuh. (http://thearoengbinangproject.com)







Belum ada Komentar

Isi Komentar








Site Sponsors

Twitter Updates

Popular Articles

Facebook Like

Instagram

Instagram

Site Sponsors