Beranda » Wisata Budaya » Silek Tuo Puti Mandi Kotorapak Baso Kab.Agam, Sumatera Barat

Silek Tuo Puti Mandi Kotorapak Baso Kab.Agam, Sumatera Barat


Kamis, 13 Juni 2013 - 09:49:20 WIB | Wisata Budaya | 1383 pembaca



Pencak silat adalah seni bela diri yang ada di indonesia salah satunya pecak silat minangkabau atau disebut silek tuo, seni ini sudah di wariskan turun temurun di mulai dari tabiat minangkabau yang suka merantau sehingga harus memiliki bekal beladiri yang cukup. Kotorapak baso kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Aktifitas sekumpulan remaja yang masih mempertahankan budaya leluhur salah satunya pencak silat tradisional, inilah aktifitas remaja urang minang di dusun kotorapak baso Kabupaten Agam, Sumatera Barat. semua nya berawal dari silek atau silat minangkabau merupakan seni beladiri yang di miliki oleh masyarakat minangkabau, seni yang sudah di wariskan secara turun-temurun, semua di mulai dari tabiat masyarakat yang suka merantau sehingga harus memiliki bekal beladiri yang cukup dalam menjaga diri dari hal-hal yang buruk selama di perjalanan atau di rantau orang, silat pun kemudian berkembang menjadi pencak silat manca dan silek, manca adalah bunga silat yang berupa tarian-tarian yang di tampilkan saat acara-acara adat, sedangkan silet berupa seni pertempuran yang di gunakan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh, menggunakan gerakan yang cepat dan tepat dalam melumpuhkan lawan.


Pencat silat tidak hanya untuk beladiri, silat sangat di perlukan untuk mempertahankan negeri dan menyambut tamu sebagai acara hiburan. untuk menguasai gerakan silat-silat tuo ini membutuhkan waktu yang cukup lama, pada level mahir para pesilat harus berlatih selama 3 tahun, jadwal latihan terus di lakukan setiap malam kamis dan malam minggu kurang lebih selama 2 jam, meskipun di lakukan pada malam hari para peserta tetap semangat tidak mengantuk.

Satu persatu para peserta menampilkan jurus-jurus pencak silatnya dengan di iringi alunan alat musik talempong, saluang dan pupuik batang padi, setiap latihan mereka tampak atusias dan serius untuk berlatih pencak silat. Para Peserta yang ingin berlatih pencak silat tidak di batasi usia maupun tua muda, orang dewasa bahkan anak kecil sekalipun bisa saja ikut serta berlatih asalkan ada kemauan. (sutanmudo)


   







Belum ada Komentar

Isi Komentar








Site Sponsors

Twitter Updates

Popular Articles

Facebook Like

Instagram

Instagram

Site Sponsors