Beranda » Wisata Budaya » Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek Tanah Datar

Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek Tanah Datar


Selasa, 11 Juni 2013 - 11:36:28 WIB | Wisata Budaya | 757 pembaca



Rumah Tenun Pusako di Pandai Sikek, Tanah Datar, Sumatera Barat, menempati sebuah bangunan bergaya Rumah Gadang Koto Piliang, dengan ukuran yang lebih kecil dibandingan Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau. Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek ini adalah sebuah usaha keluarga yang dimulai tahun 1975 oleh Hj. Sanuar binti Ulumuddin dan A. Ramli Dt. Rangkayo Sati (suaminya almarhum). Ahmad Ramli adalah pelukis dan pengukir yang dipercaya membuat Rumah Minangkabau di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah.

Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek yang dibuat tahun 1978 ini masih terlihat cantik ketika kami berkunjung ke sana. Sebongkah tembok berlapis keramik hitam dengan tulisan Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek berwarna kuning keemasan dipasang di lintasan menuju rumah. Sepasang rangkiang (lumbung padi) berdiri di depan rumah, beberapa meter dari kolam ikan yang memberi suasana sejuk dan tenang.

Koleksi kain tenun di sebuah lemari ukir di dalam Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek. Tiang kayu yang menopang rumah pun penuh dihiasi dengan ukiran. Adalah A. Ramli Dt. Rangkayo Sati, dengan dukungan Pemda setempat, yang mendirikan Proyek Ukiran Kayu dan Bambu di Pandai Sikek, untuk membangkitkan kembali minat di bidang kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Kain tenun Pandai Sikek secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu Balapak dan Bacatua. Kain Balapak ditenun dengan melewatkan benang mas di seluruh bidang kain, sedangkan Kain Bacatua sebagian besar terdiri dari tenunan lungsin dengan pakan, dan di bagian-bagian tertentu diberi hiasan benang mas. (http://thearoengbinangproject.com)







Belum ada Komentar

Isi Komentar








Site Sponsors

Twitter Updates

Popular Articles

Facebook Like

Instagram

Instagram

Site Sponsors