Beranda » Wisata Sejarah » Benteng Fort de Kock (Sterreschans) di Sumatera Barat

Benteng Fort de Kock (Sterreschans) di Sumatera Barat


Jumat, 05 Juli 2013 - 14:57:23 WIB | Wisata Sejarah | 565 pembaca



Benteng Fort de Kock berada di atas Bukit Jirek Kota Bukittinggi, Sumetera Barat, Indonesia. Benteng Fort de Kock (Sterreschans) didirikan oleh Kapten Bouer pada tahun 1825. Benteng  ini berfungsi sebagai benteng pertahanan pemerintah Hindia Belanda untuk  menghalau perlawanan pasukan Paderi yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol (1821-1827). Ketika itu, Baron Hendrick Markus de Kock menjadi  Komandan de Roepoen dan Wakil Gubernur Jenderal Pemerintah Hindia  Belanda (Indonesia).  Untuk mengenang nama wakil gubernur jenderal tersebut, Kapten Bouer memberi  nama lokasi tempat benteng berdiri dengan Fort de Kock. Sementara nama benteng yang berada di lokasi tersebut diberi nama Sterreschans (Benteng  Pelindung). Setelah Indonesia  merdeka, nama Benteng Sterreschans tidak pernah diucapkan lagi, nama benteng  kemudian diambil dari lokasi tempat benteng tersebut dibangun. Sedangkan nama  lokasi yang semula bernama Fort de Kock kembali berubah menjadi Bukit Jirek  sesuai dengan nama asli sebelum penjajahan Belanda.

Mengingat usia benteng yang sudah begitu lama, para  pengunjung tidak diizinkan untuk naik lagi hingga ke atas Benteng Fort de  Kock (Sterreschans). Sehingga  para pengunjung hanya bisa melihat dan mengunjungi benteng dari bawah, tidak  dapat melihat keseluruhan bangunan dan pemandangan Kota Bukittinggi dari atas benteng.

Di sekeliling Benteng Fort de Kock, terdapat  beberapa koleksi meriam kuno peninggalan Belanda. Dari  Benteng ini, para wisatawan juga bisa melihat sajian keindahan panorama alam Kota  Bukittinggi yang terhampar luas sepanjang mata memandang.

Jika kita menengok ke samping tempat benteng itu berada, maka akan terlihat sebuah jembatan (Jambatan Limpapeh) yang menghubungkan benteng dengan objek wisata Taman Marga Satwa (Kebun Binatang). Para wisatawan bisa melintasi jembatan tersebut sembari  melihat keindahan Kota Bukittingi dari atas jembatan yang berada di atas ketinggian  100 meter. (http://www.wisatamelayu.com)









Belum ada Komentar

Isi Komentar








Site Sponsors

Twitter Updates

Popular Articles

Facebook Like

Instagram

Instagram

Site Sponsors