Beranda » Wisata Sejarah » Lubang Kalam Sawahlunto

Lubang Kalam Sawahlunto


Jumat, 21 Juni 2013 - 08:59:27 WIB | Wisata Sejarah | 916 pembaca



Lubang Kalam adalah sebutan bagi terowongan jalan kereta api yang menembus kaki sebuah bukit sepanjang 835 m, yang dikerjakan oleh orang rantai, para pekerja paksa yang dimanfaatkan untuk menambang batubara di Sawahlunto, Sumatera Barat. Dari arah Kota Sawahlunto, belokan menuju ke Lubang Kalam ada di sebelah kanan jalan.

Lubang Kalam lintasan jalan kereta api yang pada zaman kolonial selalu bergemuruh dilindas kereta pengangkut batubara ke pelabuhan Teluk Bayur, kini hanya berbunyi jika Kereta Wisata Mak Itam atau kereta wisata lain melintas pada hari-hari libur.

Meskipun masinis Kereta Api Mak Itam mengatakan separuh jalan kereta di Lubang Kalam ini menanjak, namun kemiringannya tidak terlihat. Mak Itam adalah sebutan bagi kereta api wisata dengan Lokomotif Uap Seri E1060 buatan Jerman tahun 1965, yang melayani carteran dari Stasiun KA Sawahlunto ke Muara Kalaban.

Kondisi Lubang Kalam ini masih sangat baik dan rapi. Saya bayangkan akan menyenangkan jika ada tempat duduk nyaman di pinggir mulut terowongan untuk menikmati suasana, terutama jika kereta tengah lewat. (http://thearoengbinangproject.com)








Belum ada Komentar

Isi Komentar








Site Sponsors

Twitter Updates

Popular Articles

Facebook Like

Instagram

Instagram

Site Sponsors