Beranda » Wisata Sejarah » Batu Malin Kundang Pantai Air Manis Padang

Batu Malin Kundang Pantai Air Manis Padang


Jumat, 07 Juni 2013 - 14:31:47 WIB | Wisata Sejarah | 595 pembaca



Batu Malin Kundang berada di ujung sebelah kiri Pantai Air Manis, Padang, di tengah susunan onggokan batu yang bentuknya menyerupai kapal. Batu yang mirip sosok seorang pria dalam posisi bersujud ini menyegarkan ingatan saya akan Legenda Malin Kundang yang mengajarkan agar manusia jangan pernah mengabaikan dan mencampakkan ibu yang melahirkannya.

Sebuah legenda bisa lahir karena imajinasi pencerita sebuah komunitas, namun bisa juga lahir dari kisah nyata dengan merubah alur ceritanya agar lebih mudah dicerna dan diterima, terutama oleh anak-anak. Banyak legenda masih bisa bertahan dari generasi ke generasi karena pesan yang dikandungnya tetap dirasakan relevan.

Diantara susunan batu yang terserak di ujung kiri Pantai Air Manis ini terdapat benda-benda yang biasa dijumpai di geladak sebuah kapal, seperti lilitan tali pada pangkal tiang kapal, serta tong. Batu Malin Kundang yang berbentuk seperti seorang pria yang tengah bersujud. Konon Malin Kundang yang telah menjadi kaya raya dan beristeri cantik berlaku durhaka kepada ibunya yang masih miskin dan lusuh dengan tidak mau mengakui sebagai anaknya. Malin pun termakan kutukan ibunya dan menjadi batu setelah kapalnya pecah dihantam gelombang laut yang mengamuk.

Di tepian Pantai Air Manis, di bawah rimbun pohon-pohon peneduh, terdapat deretan rumah panggung kecil serta warung-warung makanan. Saya berjalan menyusur pinggiran pantai ke arah ujung, dimana Pantai Pasir Manis berbelok ke arah kanan.

Pantai Air Manis dengan Batu Malin Kundang di salah satu sudutnya, serta pulau di depannya, tampaknya masih bisa dikembangkan lagi menjadi kawasan wisata pantai yang lebih nyaman bagi para pejalan yang ingin bersantai sambil menikmati suasana. (http://thearoengbinangproject.com)







Belum ada Komentar

Isi Komentar








Site Sponsors

Twitter Updates

Popular Articles

Facebook Like

Instagram

Instagram

Site Sponsors