Beranda » Wisata Sejarah » Museum Adityawarman Padang

Museum Adityawarman Padang


Selasa, 04 Juni 2013 - 12:10:21 WIB | Wisata Sejarah | 554 pembaca



Museum Adityawarman ini diresmikan pada 16 Maret 1977. Nama Adityawarman digunakan sebagai penghormatan terhadap Raja Pagaruyung abad XIV M itu, yang kebesarannya diketahui dari prasasti di Saruaso, Lima Kaum, Pagaruyung, serta Arca Bhairawa dan candi Padang Rocok di Sijunjung.

Sebuah monumen tampak didirikan di halaman Museum Adityawarman. Di sebelah patung pria yang tengah duduk dengan bambu runcing di tangannya terdapat tulisan yang berbunyi: “Untuk kami Nusa Djaja, Kamulah Gugur Derita Sengsara, Kamu Bertugu di Jiwa Bangsa, Lambang Bermutu Selama Masa”

Di bagian belakang monumen ini terdapat tulisan naskah proklamasi, serta tertulis tanggal 9 Maret 1950, yang merupakan tanggal dimana Padang dikembalikan ke pangkuan RI melalui SK. Presiden RI Serikat (RIS), No.111, 9 Maret 1950.

Sebuah bendi di salah satu sudut halaman Museum Adityawarman. Mudah-mudahan masih ada kesempatan lain untuk berkunjung ke Museum Adityawarman ini, agar bisa melihat koleksi benda-benda arkeologis dan budaya Minangkabau yang disimpan di sana. (http://thearoengbinangproject.com)







Belum ada Komentar

Isi Komentar








Site Sponsors

Twitter Updates

Popular Articles

Facebook Like

Instagram

Instagram

Site Sponsors