Beranda » Wisata Sejarah » Rumah Kelahiran Bung Hatta Bukittinggi

Rumah Kelahiran Bung Hatta Bukittinggi


Selasa, 04 Juni 2013 - 10:19:35 WIB | Wisata Sejarah | 469 pembaca



Rumah Kelahiran Bung Hatta yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta No. 37 Bukittinggi, Sumatera Barat. Sesuai namanya, Rumah Kelahiran Bung Hatta merupakan tempat dimana Bung Hatta dilahirkan, dan tinggal sampai beliau berusia 11 tahun. Pada usia itu beliau pergi ke Kota Padang guna meneruskan pendidikan menengahnya di Meer Uitgebred Lager Onderwijs (MULO).

Papan nama Rumah Kelahiran Bung Hatta di pinggir jalan Soekarno-Hatta yang berukuran cukup besar dan mudah dikenali oleh pejalan yang lewat. Papan nama Rumah Kelahiran Bung Hatta inilah yang membuat kami berhenti dan lalu masuk ke dalam rumah.

Tampak depan Rumah Kelahiran Bung Hatta yang cukup asri dengan dua lantai yang sebagian besar terbuat dari bilah-bilah papan kayu. Sebagian dinding Rumah Kelahiran Bung Hatta terbuat dari anyaman bambu. Sebuah papan memberitahu pengunjung bahwa Rumah Kelahiran Bung Hatta buka dari Senin s/d Minggu, mulai pukul 08.00 pagi.

Setelah mengisi buku tamu, kami pun masuk ke dalam ruang utama Rumah Kelahiran Bung Hatta, ditemani oleh Uni Dessiwarti yang telah 15 tahun mengurus dan merawat rumah Rumah Kelahiran Bung Hatta ini. Uni Dessi ini dari Dinas Pariwisata yang ditugaskan untuk mengurus Rumah Kelahiran Bung Hatta. Meskipun sudah mengabdi di Pemda selama 25 tahun.

Dokumentasi foto Saleha, Ibunda Bung Hatta, dan dua orang paman Bung Hatta, Mamak Idris dan Mamak Saleh. Di sepanjang dinding kayu Rumah Kelahiran Bung Hatta terdapat banyak foto-foto dokumentasi tentang Bung Hatta, keluarga dan orang-orang terdekatnya.

Pada dinding Rumah Kelahiran Bung Hatta juga terdapat bagan silsilah keluarga Bung Hatta, baik dari pihak Ibu maupun dari pihak ayahnya. Dokumentasi foto Syekh Djamil Djambek yang menjadi guru agama bagi Bung Hatta. Mengaji memang menjadi sebuah kegiatan sangat penting dan menjadi bagian kehidupan sehari-hari anak-anak Minangkabau. Bahkan mereka, seperti juga Bung Hatta ketika masih kecil, sering tidur di surau.

Beberapa benda peninggalan keluarga Bung Hatta juga disimpan di Rumah Kelahiran Bung Hatta ini, seperti mesin jahit tua milik nenek Bung Hatta ini. Rumah Kelahiran Bung Hatta ini memang adalah rumah neneknya. (http://thearoengbinangproject.com)







Belum ada Komentar

Isi Komentar








Site Sponsors

Twitter Updates

Popular Articles

Facebook Like

Instagram

Instagram

Site Sponsors