Beranda » Wisata Misteri » Angkek-angkek, Batu Ajaib Ranah Minang

Angkek-angkek, Batu Ajaib Ranah Minang


Senin, 13 Mei 2013 - 14:47:34 WIB | Wisata Misteri | 1087 pembaca



Batu Sangkar di Sumatra Barat selama ini terkenal dengan keindahan alamnya nan mempesona. Tetapi selain itu, ternyata ada juga satu ciri khas negeri di Ranah Minang tersebut yakni batu angkek, batu istimewa yang kerap berubah-ubah beratnya.

Wisata batu angkek terletak di Kecamatan Sungaiyang, Batu Sangkar, sekitar tiga jam perjalanan dari Kota Padang. Ternyata si batu ajaib ini sudah mulai dikunjungi wisatawan sejak 100 tahun lalu. Selama itu pula tujuh generasi menjaga peninggalan sejarah yang unik ini.

Batu yang bernama angkek-angkek ini bisa menjadi berat sekali atau justru menjadi sangat ringan seperti kapas sesuai dengan keyakinan yang mengangkat. Konon ada kekuatan magis, dalam bahasa Minang, angkek-angkek artinya angkat. Jadi batu angkek-angkek artinya batu yang diangkat.

Ada aturan sebelum mengangkat batu ini yakni membaca doa. Banyak dari pengunjung kelelahan karena ternyata batu ini beratnya mencapai ratusan kilogram di tangan mereka. Untuk bisa mengangkat batu ini tidak dipungut biaya, cukup membeli cinderamata seharga Rp 10 ribu. (http://www.allaboutminangkabau.com)







Belum ada Komentar

Isi Komentar








Site Sponsors

Twitter Updates

Popular Articles

Facebook Like

Instagram

Instagram

Site Sponsors